Senin, 28 November 2011

perkembangan bisnis online

Sejarah Bisnis Online

Sebenarnya, sejak kapankah bisnis online menjadi booming di dunia? Inilah sejarah e-commerce atau di Indonesia kita kenal sebagai bisnis online.
E-commerce mungkin sebuah konsep yang relatif baru dibandingkan dengan fenomena lain; namun akan menarik untuk mengikuti sejarah tidak peduli betapa singkat. Tentu saja konsep perdagangan internasional telah ada untuk waktu yang lama dan orang-orang telah terlibat dalam pertukaran yang baik dan jasa dalam bentuk impor / ekspor dan sumber global dalam bentuk lain sejak kembali panjang. Dalam artikel ini sejarah singkat e-commerce, kita akan melihat sehingga kontribusinya terhadap konsep perdagangan internasional dapat diputuskan dalam perspektif yang benar serta perannya dalam mempromosikan perpindahan lintas batas baik dan jasa atau impor / ekspor dan global sumber.
Dalam arti sebenarnya dari dunia e-commerce telah ada jauh sebelum penggunaan evolusi dan umum dari mesin keajaiban yaitu komputer. Hal ini seharusnya tidak mengejutkan karena teknologi elektronik telah ada sejak jauh sebelum munculnya komputer dan telah menjadi fenomena perdagangan internasional dalam berbagai bentuk seperti impor / ekspor dan mencari alternatif yang layak telah ada, yang membentuk global sourcing.
Masih ini tidak berarti bahwa e-commerce telah ada selama berabad-abad, tetapi catatan yang tersedia awal atau e-commerce tersedia sedini tahun 1984 ketika maka pertukaran data elektronik diciptakan, yang membantu perusahaan untuk melaksanakan transaksi mereka dalam banyak lebih dapat diandalkan cara dari sebelumnya dalam hal perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global.
Catatan pertama dari perusahaan membiarkan orang membeli barang dari komputer hadir pada awal 1992 dalam bentuk Compuserve, yang tidak mungkin menawarkan dorongan besar untuk perdagangan internasional, impor / ekspor atau sumber global tapi itu memberikan dasar yang sederhana untuk pengembangan masa depan di arena.
Tahun 1995 tidak bisa dilupakan karena menandai awal dari dua raksasa dari Amazon dan Ebay yang tidak membutuhkan pengenalan hari ini sudah pasti memberikan kontribusi dengan cara mereka sendiri untuk perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global. Infact sedini tahun 1999, penjualan ritel di internet telah mencapai setinggi dua puluh miliar dolar.
Sisanya seperti yang mereka katakan adalah sejarah dan saat ini luas dan ruang lingkup e-commerce ada untuk semua untuk melihat dan dampaknya terhadap perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global tentu dirasakan sangat dalam semua bidang ekonomi global. Masa depan e-commerce tentu lebih terang dibandingkan dengan situasi saat ini meskipun beberapa ahli melakukan mengungkapkan beberapa keprihatinan atas ekspansi pertumbuhan e-commerce dan pengaruh dalam perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global.
berbagai sumber.

Langkah awal memulai bisnis online

Internet memang sumber informasi terlengkap.Peluang usaha yang ada di internet jumlahnya tidak bisa di hitung dengan jari. Sangat banyak. Ada yang menjual produk sendiri dan tidak sedikit yang menjual produk orang lain.
Jika saat ini anda sudah punya pekerjaan dan ingin mendalami bisnis online, saran saya jalani terus pekerjaan anda dan luangkan waktu anda dua jam atau tiga jam setiap hari untuk mendalami bisnis online. Biarpun dua jam asalkan konsisten setiap hari insya Allah akan banyak perkembangan.
Sangat beresiko jika anda meninggalkan pekerjaan anda untuk mendalami bisnis online jika anda seorang pemula. Sebab banyak sekali yang harus anda pelajari dan tentuna tidak bisa langsung menghasilkan. Kecuali jika anda sudah punya pengalaman yang cukup di bidang internet marketing.
Nah, bagi anda yang mantap untuk mendalami bisnis online, berikut ini adalah langkah-langkah awalyang harus anda kerjakan.
1. Tentukan pasar
Langkah awal yang harus anda kerjakan adalah menentukan pasar, dalam hal ini sesuaikan dengan hobi anda. Misalnya anda hobi memasak, maka tentukan pilihan anda untuk mengambil topic soal dunia masakan. Dan tentukan arget pasar anda, apakah pria, wanita, atau semua yang berumur 18 tahun keatas.
Pasar yang di tentukan dan target ini saling berhubungan erat. Misalkan anda mengambil topicotomotif maka sudah tentu target pasar anda adalah laki-laki berumur 15 tahun ke atas. Jika pilihan anda adalah dunia memasak, maka sudah tentu targetnya adalah ibu-ibu atau remaja berumur 18 tahun ke atas.
2. Riset Pasar
Langkah berikutnya adalah riset pasar. Jadi topic yang telah anda pilih tadi coba anda riset. Banyak gak pencarinya. Pesaingnya terlalu banyak tidak. Pilih yang pencarinya banyak tapi pesaingnya sedikit. Anda ingin tahu cara riset yang benar dan lengkap ? bergabunglah di asian brain. Di sana anda akan dipandu tentang cara riset secara rinci dan sangat lengkap.
3. Buatlah Blog
Jika anda sudah tentukan topic dan dan sudah merisetnya, maka langkah berikutnya anda harus membuat blog untuk mendatangkan pengunjung. Membuat blog ada yang gratisan ada yang berbayar. Untuk yang gratisan silahkan baca panduan cara mebuat blog gratis disini.
Jika blog anda ternyata banyak pengunjungnya, karena banyak yang suka dengan topik anda, maka anda bisa menjual apa saja di blog anda. Apakah anda ingin menjual produk sendiri atau produk orang lain. Menjual produk orang lain di sebut affiliate. Bisnis affiliate banyak sekali macamnya. Salah satunya adala PPC ( Pay Per Cklick ).
Asian Brain memberikan panduan yang sangat lengkap tentang bisnis PPC ini, khususnya PPC luar negri yang nilai perkliknya lebih mahal dari PPC lokal. Sebuah pilihan yang sangat tepat jika anda bergabung di asian brain.
4. Kumpulkan Konten
Langkah berikutnya adalah mengumpulkan konten. Konten bisa berupa Artikel, Gambar, Video dan lain-lain. Untuk mengumpulkan konten berupa artikel, tentu anda harus membuatnya sendiri. Google akan cepat mengindex blog anda jika anda memposting konten anda secara rutin setiap hari dan kontennya unik, artinya murni buatan anda sendiri tidak mencopy paste konten artikel orang lain.
5. Beli Domain dan Hosting
Jika anda ingin blog anda tampak lebih profesional maka anda harus membeli domain ( alamat blog ) dan Hosting ( tempat menampung konten ). Untuk membeli domain dan hosting saya merekomendasikan anda untuk membeli di Jogja Host. Di Jogja Host harganya murah dan servisnya sangat memuaskan.
6. Promosikan
Agar blog anda di kenal orang, di kunjungin orang, maka anda harus mempromosikan blog anda. Baik melalui tehnik-tehnik SEO maupun dari promosi lainnya, seperti iklan baris, Facebook, Twitter dll.
Itulah langkah-langkah dasar untuk memulai bisnis online. Jika ingin yang lebih lengkap, bergabunglah di asian brain.  Di sana anda akan diajarkan mulai A sampai Z tentang bisnis online yang bisa menghasilkan ribuan dollar.
Semoga bermanfaat.

Bisnis online banyak dijalankan oleh masyarakat, karena bisnis online memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline. Berikut beberapa keuntungan bisnis onlineyang menjadi daya tarik para pencari usaha :
1.    Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet
2.    Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen
3.    Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline
4.    Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan
5.    Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas, bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem
6.    Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen, dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.


Perkembangan Bisnis Online Di Indonesia


Seiring Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.

Internet marketing sebenarnya sudah populer di berbagai negara maju sejak tahun 1999, dimulai dengan lahirnya mesin pencari dan email web based www.yahoo.com kemudian disusul oleh kelahiran mesin pencari lain yang sekarang sangat familiar yaitu www.google.com sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda Lawrence dan Sergrey Brin. Pendiri Google dalam waktu singkat berhasil masuk dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian di tahun tahun selanjutnya berdiri juga website berbasis social bookmarking anatara lain : www.friendster.com yang didirikan oleh Jonathan abram, www.facebook.com Oleh Mark Zukenberg.
Internet pada masa sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll. Sebagai contoh situs online banking yang sedang naik daun adalah www.paypal.com sedang situs online shopping dan online marketplaces adalah www.ebay.com dan www.amazon.com yang menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah. Tentu saja kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosilaisasi produk untuk skala global.

Bisa dikatakan dalam dekade terakhir perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya meliputi berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas tetapi juga bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs yang sudah mulai go Internasional dan mempunyai jutaan member dan ribuan visitor setiap harinya. berbagai situs tersebut ada yang murni Online business ada yang semi online atau bisnis offline hanya saja menggunakan pemasaran online. Dengan kata lain Bisnis online di Indonesia sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia Internasional. selain itu juga jumlah pemakai internet Indonesia yang besar menjadikan Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari berbagai negara di seluruh dunia. bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial seperti www.facebook.com , www.friensdster.com dan www.twitter.com. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari segi Bisnis Online terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun terakhir 2000 s/d 2010.

Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di
www.frigz.com . walaupun komunitas ini terbilang masih baru tetapi saya melihat keseriusan pengelola frigz untuk memajukan bisnis online di Indonesia dengan cara menjadi wadah bagi para Online Marketer atau para pebisnis Online. Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi Komunitas Bisnis Indonesia Online.

Kunci Mengembangkan Bisnis Online !!



mungkin kata bisnis online sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena transaksi online atau yang biasa di sebut e-commerce sudah menjadi era dan trend saat ini.
pertumbuhan e-commerce setiap tahun nya bisa mencapai dua digit contoh nya saja dua situs terbesar yaitu:
  • e-bay
  • amazone.com

peningkatan dua situ mencapai hingga 31% di indonesia,, 
perkembangan e-commerce di tandai dengan bertmbuh nya situs jual beli di tambah dengan marak nya istilah startup yang dipakai oleh kaum muda di indonesia untuk memulai bisnis berbasis internet.

di indonesia mencari referensi kebutuhan barang atau jasa dilakukan melalui media internet,, data spire menunjukkan 90% orang mencari referensi/informasi melalui rekomendasi dari orang yang mereka kenal, sementara sejumlah 10% merupakan opini atau testimoni mereka saja.


dari data yang ditelusuri spire,, dalam melakukan transaksi online, 40% merupakan rekomendasi dari rekan,teman,maupun komunitas-nya,, hal ini disebabkan lehliterasi terhadap teknologi internet itu sendiri, semakin tinggi pengetahuan konsumen atas teknologi transaksi online,, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan untuk bertransaksi,, lalu di ikuti dengan pencarian independen melalui search engine sebesar 38% dan 22% yang langsung menuliskan alamat UR-nya di browser.

dalam media bertransaksi di indonesia hampir74% orang memilih kaskus karena selain kaskus sudah tedapat lebih dari 3 juta user/komunitas,, kaskus pun menjadi salah satu media online shop yang mendapat kepercayaan dari para konsumen.

pasar 250 juta jiwa, dengan 15-20% menyentuh internet, menjadikan indonesia sebagai market yang sangat potensial. namun di sisi lain, tidaklah mudah untuk mengembangkan bisnis disni.

membangun kepercayan merupakan modal penting dalam proses ekspansi jalur ini. 
pasar yang besar di dukung dengan media promosi dan pemasaran produk yang tepat, serta menjadi penjual yang terpercaya .
tentu nya menjadi tantangan tersendiri bagi kesuksesan di dunia.

Pengaruh dan Peranan TI Terhadap Perkembangan Bisnis Online di Indonesia
Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia sangat besar. Contohnya dengan adanya pembuatan website, forum, dan blog inilah sebagai media yang bersifat sebagai jembatan antara penjual dan pembeli untuk saling memberi informasi sekaligus bertransaksi semakin hari semakin banyak saja, hal ini menunjukkan perkembangan situs-situs yang memiliki wadah untuk bisnis online semakin berkembang tiap waktu. Ditambah dengan berkembangnya dalam persaingan internet service provider yang memberikan fasilitas koneksi internet kepada penjual dan pembeli dalam bisnis online, supaya dapat terhubung secara online setiap saat dan dimanapun berada, sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mengakses situs-situs yang menawarkan produk dan jasa yang ingin mereka dapatkan. Apalagi pengguna perangkat mobile di Indonesia juga semakin berkembang, hampir tiap tipe handphone yang dimiliki oleh masyarakat pada masa kini memiliki fasilitas atau fitur untuk dapat koneksi ke internet, hal ini semakin memudahkan masyarakat supaya mendapatkan informasi-informasi terkini dalam bidang bisnis online.
Memang yang namanya bisnis online tidak dapat terlepas dari peranan dunia TI, karena diawali dari perkembangan teknologi informasi terutama yang namanya internet inilah sehingga berlanjut dan berkembangnya terhadap bisnis online khususnya di Indonesia. Bahkan beberapa pengguna bisnis online di Indonesia menggunakan perangkat lunak untuk chatting seperti yahoo messenger untuk bertransaksi, tentunya perbincangan bisnis di yahoo messenger tersebut berawal dari suatu blog atau forum yang menawarkan barang dan jasa, lalu di forum atau blog tersebut memasang banner berupa logo YM agar ketika suatu saat ada calon konsumen yang tertarik dapat memastikan lebih jauh dan keseriusan dalam bertransaksi kepada sang penjual selain penggunaan handphone untuk sms atau telepon.
Tidak menutup kemungkinan juga bagi pebisnis online yang sudah masuk dalam skala bisnis yang besar memanfaatkan video conference sebagai sarana untuk berkomunikasi dan mempresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada klien. Hal seperti ini biasa terjadi untuk meminimalis kemungkinan pengeluaran biaya transportasi dan waktu yang terbuang dalam perjalanan.

Kelemahan Bisnis Online

Pertama, pastinya butuh modal. Namanya juga bisnis, bisnis online juga butuh modal. Lalu apa yang Anda cari, bisnis online dengan modal kecil atau bisnis online dengan modal besar? Bila Anda baru memulai bisnis online, pastinya jangan mulai dengan modal yang besar, karena disini Anda diharapkan untuk banyak belajar bisnis online sehingga nggak kaget bila ternyata bisnis online juga ada ruginya.
Modal yang utama pastinya adalah koneksi internet, yang di Indonesia masih tergolong mahal. Kalau mau yang murah, masuk aja ke warnet pada jam-jam nggak efektif kerja seperti jam malam (jam 10-an keatas), biasanya ada paket murah meriah berjam-jam yang bisa Anda nikmati. Pergunakan paket-paket khusus tersebut untuk bisnis online Anda. Atau bila Anda mau berkorban sedikit, pasang ADSL di rumah Anda (seperti speedy, dsb). Yang penting nggak dial-up
Kelemahan #1: Koneksi Internet yang Mahal. Siasati dengan memanfaatkan promo-promo di pasaran.
Kedua, modal uang. Anda butuh modal berupa uang untuk membangun kerajaan bisnis online Anda. Entah itu domain, hosting, biaya kursus, dsb. Ini bisa sih diasati, tapi memang tidak mudah. Anda bisa menggunakan domain gratisan seperti co.cc, hosting gratisan di freehostia.com atau di blogspot.com.
Sayang ini harus dibarengi dengan ketidakefektifan dan motivasi Anda untuk balik modal. Pengalaman saya sih, kalau domain dan hosting gratisan saya cenderung tidak terlalu banyak merawatnya, dikarenakan tidak ada biaya yang dikeluarkan sehingga motivasi rendah. Saya bisa katakan tidak efektif karena untuk hosting dan domain gratisan kita kurang dapat mengontrol apapun, sehingga bila misalnya domain atau hosting kita dihapus, maka kita tidak memiliki kekuatan apa-apa. Modal dengkul, ke laut aje
Untuk biaya kursus dan pembelajaran bisnis online, sebaiknya Anda juga menyisihkan tabungan Anda untuk mengikuti kursus atau pelatihan bisnis online, karena ini akan mempercepat proses pembelajaran Anda dibandingkan bila Anda membaca blog bisnis online seperti blog ini (hehehe).
Kelemahan #2: Biaya yang tidak murah. Siasat? Perbaiki mindset bisnis online Anda. Sisihkan tabungan Anda. Minimalkan resiko, jangan mau rugi dalam bisnis online. Modal dengkul hasilnya juga dengkul.
Ketiga, modal ilmu. Modal ini yang paling lama diperoleh dan paling intens harus Anda lakukan, dari mulai pembayaran dengan payment processor, riset keyword, menghindari jebakan search engine, pengoperasian domain dan hosting, SEO, content, traffic, maintenance, backup dan restore, sebaiknya Anda bisa lakukan sendiri daripada menunggu orang lain untuk melakukannya untuk Anda. Kenapa? Untuk mempercepat dan mengurangi biaya yang sebenarnya tidak terlalu penting. Masalahnya adalah, tidak banyak kursus atau pelatihan yang ada di pasaran yang mengajarkan secara praktis berbisnis online.Usahakan mencari kursus yang bisa langsung bertanya dan berhadapan dengan trainer Anda sehingga jawaban yang Anda peroleh tidak bias (tentunya juga Anda akan merasakan kepuasan batin).
Selalu lakukan eksperimen dengan mengacu pada literatur dan pengalaman orang lain yang telah sukses. Belajarlah dari yang sudah sukses (Jangan tanya saya, saya belum sukses…jangan lupa kalau nama blog ini juga memulai bisnis online).
Kelemahan #3: Kurva pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online. Jangan ngeyel sama yang sudah sukses.
Berikutnya adalah yang paling penting. Banyak pebisnis internet yang mengatakan bahwa mereka pertama kali mengembangkan bisnis online dengan menghabiskan banyak waktu di depan komputer, bahkan bisa lebih banyak daripada bekerja kantoran. Bila Anda ingin menghindari ini, beli dan gunakan sistem yang telah digunakan oleh pebisnis online yang sudah sukses, lakukan action plan yang ada tanpa banyak mengeluh. Jangan sampai salah memilih kucing dalam karung, selalu tanya pendapat orang lain terlebih dahulu yang telah membeli sebelum Anda membeli produk bisnis internet tersebut. Kuncinya adalah pengalaman, lama-lama bisnis online akan seperti mengendarai sepeda.
Kelemahan #4: Awal-awal tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar